logo_kemenag-removebg-preview

Project Based Learning Mapel Biologi di MAN 5 Cirebon: Praktik Membuat Telur Asin sebagai Aplikasi Bioteknologi

Pabedilan – Siswa kelas 12 IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Cirebon melaksanakan praktik menarik dalam pembelajaran Biologi yang berfokus pada materi bioteknologi, pada Rabu, 5 Februari 2025. Pada pembelajaran yang dilaksanakan di halaman madrasah ini, siswa secara berkelompok melakukan praktik pembuatan telur asin sebagai bagian dari aplikasi praktis dari materi yang dipelajari. Kegiatan ini tidak hanya memperkaya pengetahuan siswa tentang bioteknologi, tetapi juga meningkatkan keterampilan kerja sama dan kreativitas mereka.

Dalam praktik tersebut, siswa menggunakan alat dan bahan yang sederhana, antara lain telur bebek, garam, air, ember, solatif besar, abu gosok, bata merah, ampelas dan lap kain. Cara pembuatannya pun cukup sederhana, yaitu telur dicuci, dilap, diampelas, lalu dilumuri adonan garam, abu gosok dan bata merah, kemudian dimasukkan ke dalam ember dan ditutup rapat dengan solatif. Selanjutnya biarkan telur di dalam ember yg tertutup rapat selama dua minggu.

Materi pembelajaran tentang bioteknologi terkait erat dengan proses pembuatan telur asin ini, dimana siswa diajak untuk memahami bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan dalam menghasilkan produk pangan yang lebih tahan lama dan aman dikonsumsi.

Guru Mata Pelajaran Biologi, Yadi Cahyadi, yang memandu siswa selama kegiatan tersebut menyampaikan, “Pembuatan telur asin merupakan salah satu contoh yang baik bagaimana bioteknologi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Proses pengasinan ini mengubah sifat fisik dan rasa dari telur, sehingga dapat disimpan lebih lama,” ujarnya. Yadi juga menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengajak siswa memahami konsep bioteknologi dengan cara yang menyenangkan dan praktis.

Metode pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Project-Based Learning (Pembelajaran Berbasis Proyek). Model ini memungkinkan siswa untuk belajar melalui pengalaman langsung dan proyek nyata, sehingga mereka lebih terlibat dan termotivasi. Kelebihan dari model ini adalah dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan kerja sama antar siswa.

Salah satu siswa, Haika, menyatakan antusiasmenya, “Saya sangat senang bisa belajar sambil praktik. Pembuatan telur asin ini membuat kami lebih memahami bagaimana bioteknologi bekerja dalam proses pengawetan makanan. Selain itu, kami juga bisa menikmati hasil kerja keras kami sendiri.”

Dengan demikian, pembelajaran biologi kelas 12 IPA1 MAN 5 Cirebon pada hari Rabu, 5 Februari 2025, tidak hanya memberikan pemahaman teoritis tetapi juga pengalaman praktis dalam menerapkan konsep bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pembelajaran ini, siswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga menerapkan ilmu biologi dalam kehidupan nyata, sehingga menjadikan pembelajaran lebih menarik dan bermanfaat.

Kontributor : Fatimah Ali

Kabar Sekolah Lainnya

MADRASAH ALIYAH NEGERI 5 CIREBON

MAN 5 CIREBON © All rights reserved